Bagaimanakah Prosedur dan Proses Mendirikan Badan Usaha?
  • 021-7511922
  • +6281315426006
  • sales@izinin.id
Panduan
Bisnis

Bagaimanakah Prosedur dan Proses Mendirikan Badan Usaha?

  • 09 Apr 2022

Saat anda akan memulai sebuah bisnis hal pertama yang harus diperhatikan dan disiapkan salah satunya adalah legalitas hukum badan usaha anda. Maka penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Badan usaha itu sendiri. Aspek Legal sendiri menjadi penting karena aspek legal Pendirian badan usaha untuk bisnis Anda dapat menghadirkan beragam manfaat.

prosedur pendirian pt

Salah satunya manfaatnya adalah bisnis Anda menjadi terlindungi secara hukum karena dengan dengan pendirian badan usaha secara resmi, otomatis perusahaan anda tersebut telah terdaftar, dan diakui oleh Kemenkum HAM.

Maka jika di masa yang akan datang terjadi kesamaan dengan usaha lainnya yang baru saja dibuka, Anda berhak untuk mengajukan perlindungan secara hukum. Untuk mengetahui bagaimana proses dan prosedur pendirian badan usaha, Anda bisa menyimak uraian lengkap dibawah ini dari awal sampai akhir.


Proses Mendirikan Badan Usaha Dari Awal Sampai Akhir

Seperti dikutip dari blog https://tulismantap.blogspot.com Tahapan yang perlu dilakukan untuk meresmikan perusahaan bisnis Anda harus diketahui. Karena, baik usaha kecil, menengah apalagi besar sangat penting untuk memiliki badan hukumnya agar semua aktivitas yang dijalani dapat dilindungi hukum.

Berikut adalah proses pendirian badan usaha seperti Perseroan Terbatas, CV dan sejenisnya.

1. Mengajukan nama

Langkap pertama adalah pengajuan nama yang nantinya akan didaftarkan oleh notaris melalui sisminbakum (sistem administrasi badan hukum). Persyaratan yang perlu disiapkan adalah lampiran formulir dari surat kuasa, fotokopi KTP dari pendiri perusahaan sekaligus pengurusnya secara lengkap, terakhir lampiran kartu keluarga dari keluarga pendirinya saja.

2. Pembuatan Akta

Tahap selanjutnya pembuatan akta yang hanya bisa dibuat oleh notaris nantinya ditanda tangani oleh kementerian kemenkum HAM. Informasi yang tertera pada akta tersebut biasanya terdiri atas nama perusahaan, pemilik modal, modal dasarnya, jumlah modal disetor, dan juga struktur organisasi dalam perusahaannya.

3. Membuat SKDP

SKDP merupakan surat keterangan domisili perusahaan yang bisa didapatkan dari kantor kelurahan lalu dilanjutkan lagi ke kecamatan untuk bisa diterbitkan. Surat keterangan domisili ini membutuhkan akte perusahaan sebagai persyaratannya.

Selain itu persyaratan lainnya juga terdiri atas fotocopy PBB tahun terakhir, janji sewa tempat untuk rumahnya yang berbeda, surat perjanjian antar sewa, KTP dari direktur pada perusahaanya tersebut terakhir yang wajib ada adalah mendirikan IMB.

4. Permohonan NPWP

Untuk bisa memproses NPWP wajib untuk melampirkan salinan dari perusahaan dan juga keterangan domisili yang tadi diuruskan. Permohonan ini dapat langsung pada Kepala Kantor pelayanan pajak di domisilinya masing-masing.

Syarat lainnya yang dibutuhkan adalah laporan NPWP orang tua, Paspor khusus untuk WNA atau PT PMA dan juga SKDP.

5. Pengesahan Anggaran Dasar

Tahap selanjutnya adalah pengesahan anggaran dasar. Permohonan pendirian perusahaan tersebut akan diajukan pada menteri hukum dan HAM dan disahkan langsung oleh menterinya.

6. Pengajuan Izin Usaha SIUP/IUI/IUJK

Selanjutnya, surat Izin Usaha ini diperlukan untuk memudahkan Anda untuk bisa menjalankan kegiatan bisnis anda sehingga kegiatan bisnis anda menjadi lebih terjamin secara hukum. Permohonan untuk membuat Izin Usaha dibagi bagi menjadi beberapa jenis bergantung dari kegiatan usaha dijalankan. Masing-masing Izin Usaha tersebut bisa diajukan pada kepada dinas atau kementrian yang terkait dengan kegiatan usaha yang anda jalankan.

7. BNRI

Jika semua tahapan sudah dilakukan dan perusahaannya telah dapat pengesahan dari menteri kemenkum ham secara langsung maka perusahaan tersebut akan diumumkan untuk dalam BNRI (Berita Acara Negara Repulik Indonesia).

8. Pemenuhan Komitmen Izin Usaha (PB UMKU)

Setelah semua tahap dilalui, di tahap terakhir hal yang perlu dilakukan adalah pemenuhan komitmen perizinan berusaha. Pada proses ini ada beberapa perizinan yang perlu di urus guna memenuhi komitmen perizinan berusaha untuk mendapatkan sertifikasi standar yang terverifikasi.

Perizinan Usaha tambahan dalam rangka pemenuhan komitmen usaha (PB UMKU) pada tahap ini berbeda beda antar satu kegiatan usaha dan usaha lain bergantung KBLI badan usaha yang dipilih, sehingga pengurusaannya perizinanya harus disesuaikan dengan kewenangan dinas atau kementrian yang terkait dengan dengan kegiatan usaha yang dillaksanakan.

Setelah semua tahap dilalui, di tahap terakhir hal yang perlu dilakukan adalah pemenuhan komitmen perizinan berusaha. Pada proses ini ada beberapa perizinan yang perlu di urus guna memenuhi komitmen perizinan berusaha untuk mendapatkan sertifikasi standar yang terverifikasi.

Perizinan Usaha tambahan dalam rangka pemenuhan komitmen usaha (PB UMKU) pada tahap ini berbeda beda antar satu kegiatan usaha dan usaha lain bergantung KBLI badan usaha yang dipilih, sehingga pengurusaannya perizinanya harus disesuaikan dengan kewenangan dinas atau kementrian yang terkait dengan dengan kegiatan usaha yang dillaksanakan.

Masih cukup awam dengan persyaratan dan tahapan alurnya?, Untuk memudahkan anda, anda bisa menggunakan jasa pembuatan pt untuk membantu Anda dalam proses mendirikan badan usaha anda. Untuk syarat mendirikan PT selengkapnya bisa anda baca - 7 Syarat Mendirikan PT.

 

Jasa Pembuatan PT Murah Jakarta

Tidak perlu lagi untuk mengurus bolak balik keluar masuk kantor instansi pemerintah untuk bisa mengurus kepentingan pendaftaran dan pengesahan perusahaan Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat kemudahan proses pendirian badan usaha dengan jasa yang kami tawarkan.

Manfaat yang akan di dapatkan adalah dapat melakukan konsultasi terlebih biasanya fasilitas ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Selain itu, Anda akan diiarahkan menggunakan jasa notaris yang handal untuk bisa membuat akta notaris pendirian PT.

Penyedia jasa layanan yang bisa dipilih antara lain Izinin.id, kelebihan yang akan didapatkan dengan menggunakan jasa kami adalah proses dari mulai pendaftaran sampai akhir. Karena Izinin.id adalah jasa pembuatan PT yang berlokasi di Jakarta dengan harga yang sangat terjangkau akan memberikan layanan perizinan terpadu yang terbaik untuk anda secara cepat selama 24 jam.

Memiliki 100% kepuasaan klien karena proses yang dilakuannya cepat, timnya solid dan komunikasi membuat Anda akan merasa terbantu dan menambah ilmu mengenai cara mendirikan badan usaha berbadan hukum seperti perseroan terbatas.

Jika Anda ada pertanyaan yang masih membuat Anda bingung, Anda bisa langsung berkonsultasi pada kami karena kami memiliki tim yang hebat untuk bisa membantu Anda dengan layanan gratis konsultasi pendirian badan usaha.

logo izinin.id
izinin.id

izinin.id merupakan layanan pengurusan legalitas usaha yang sudah berpengalaman dalam berbagai perizinan usaha dengan biaya terjangkau dan proses yang cepat.