Tips Memilih Jasa Pembuatan Akta Pendirian Usaha
  • 021-7511922
  • +6285694922440
  • sales@izinin.id
#Tips
#Hukum

Tips Memilih Jasa Pembuatan Akta Pendirian Usaha

  • 18 Mar 2024

Pembuatan akta notaris merupakan salah satu langkah dalam mendirikan sebuah badan usaha dengan kepastian hukum. Memiliki legalitas dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

prosedur pendirian pt

Selain itu, dengan sebuah perusahaan yang legal akan memudahkan dan memberi keuntungan dalam banyak hal. Beberapa di antaranya seperti berkenaan tentang pajak, ketenagakerjaan, pengajuan pinjaman dana, HAKI, juga keikutsertaan sebuah tender.

Mendirikan badan usaha sendiri tidak terlepas dari jasa pembuatan akta notaris, oleh sebab itu harus memilih penyedia layanan terbaik. Dengan begitu, proses juga akan menjadi lebih cepat dan memberikan keuntungan untuk Anda.

Selain bantuan dari penyedia layanan, Anda juga perlu melakukan langkah-langkah tertentu dalam mengajukan legalitas berusaha. Jika persyaratan dokumen telah lengkap, maka proses-proses selanjutnya juga akan lebih mudah dan lancar.


Langkah Mendirikan Badan Usaha Akta Notaris

Penyedia jasa pembuatan akta notaris juga akan membantu Anda dalam setiap proses pengajuan ketika mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, CV, atau lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

1. Akta Perusahaan

Dokumen ini dibuat serta disahkan oleh notaris ketika mendirikan perusahaan baik berbadan hukum maupun tidak. Di dalamnya berisi berbagai informasi lengkap mengenai kegiatan berusaha yang dijalankan dari nama, bidang, pemilik modal, struktur pengurus, dan lainnya.

Akta ini sendiri harus dibuat serta ditandatangani oleh penyedia pembuatan akta notaris berwenang di seluruh Indonesia. Pembuatannya juga disertai dengan salinan KTP dari pemilik maupun pendiri dari Perseroan Terbatas maupun badan berusaha lain.

Setelah pengajuan tersebut, selanjutnya Anda akan mendapat SK pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM. Meski tidak semua pemilik bisnis memilikinya, namun dokumen ini sangat penting sebagai identitas.

2. SKDU

SKDU dibuat serta dikeluarkan oleh kantor kelurahan maupu desa di wilayah kegiatan berusaha untuk menerbitkan SK sama. Syarat SKDU sendiri salinan PBB tahun terakhir, KTP direktur, serta IMB dan perjanjian sewa jika tidak berada di gedung perkantoran.

Dalam prakteknya saat ini SKDU telah diganti dengan SPDU atau Surat Pernyataan Domisili Usaha. Pembuatannya dilakukan sendiri oleh pemohon atau pemilik dari usaha yang akan diajukan tersebut.

3. NPWP

Selanjutnya dalam pembuatan akta notaris adalah NPWP, merupakan nomor wajib pajak untuk sarana administrasi perpajakan dan menjadi identitas bagi wajib pajak. Untuk mendapatkannya, maka perlu salinan akta perusahaan serta keterangan domisili.

Pengajuan untuk NPWP dilakukan pada Kepala Kantor Pelayanan Pajak dengan persyaratan tertentu. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah NPWP, salinan KTP direktur atau paspor untuk WNA, SKDU, juga akta badan usaha.

4. NIB

Nomor Induk Berusaha menjadi identitas pelaku usaha dan diterbitkan oleh lembaga OSS. NIB sendiri tidak memiliki perbedaan dalam proses pengajuan baik perseorangan, badan usaha, maupun badan hukum.

Setelah terdaftar dan memiliki NIB, maka proses selanjutnya adalah mendapatkan izin usaha dan komersial atau operasional. Dalam hal ini, pelaku bisnis harus memiliki akta perusahaan maupun perubahannya.

5. Pengajuan Izin Usaha

Jika Anda telah memiliki NIB, maka nantinya OSS akan mengeluarkan izin secara dua tahap yaitu izin usaha dan komersial. Izin usaha diterbitkan atas nama menteri, lembaga, gubernur, maupun bupati atau walikota setelah perlu bisnis mendaftar dan memulai usaha.

Sementara itu, izin komersial diterbitkan atas nama yang sama setelah mendapat izin usaha dan melakukan kegiatan operasional dengan persyaratan maupun komitmen. Pengajuan ini sangat penting agar segala kegiatan berusaha dapat berjalan secara legal.


Jasa Pembuatan Akta Notaris

Pembuatan akta notaris perlu dilakukan, namun ada kalanya terdapat beberapa kendala. Salah satu kendala adalah modal, sebab dalam mendirikan sebuah badan hukum membutuhkan minimal Rp50.000.000 dan 25% harus disetor.

Selain itu, kendala lainnya adalah penentuan bidang usaha padahal akan dicantumkan dalam akta. Domisili juga menjadi kendala, dalam hal ini bukan hanya lokasi saja namun juga bentuk bangunan, sebab beberapa tempat yang melarang tempat tinggal menjadi lokasi berusaha.

Persyaratan administratif juga sering menjadi kendala pembuatan akta notaris. Meski demikian, ada solusi terbaik dalam hal ini yaitu dengan menggunakan layanan dari izinin.id yang membantu mempersiapkan dokumen legalitas.

Izinin.id merupakan layanan pengurusan legalitas terpercaya dengan proses cepat dan biaya murah. Kami juga memberikan layanan 24 jam serta konsultasi dengan tim berpengalaman sehingga memberikan kepuasan terhadap setiap klien.

Mendirikan sebuah badan usaha legal akan membantu memberikan kepastian hukum dan menghindarkan dari berbagai hal tidak diinginkan kedepan. Oleh sebab itu, pembuatan akta notaris harus segera dilakukan oleh para pelaku usaha.

Tags : #Tips #Hukum
logo izinin.id
izinin.id

izinin.id merupakan layanan pengurusan legalitas usaha yang sudah berpengalaman dalam berbagai perizinan usaha dengan biaya terjangkau dan proses yang cepat.