Syarat dan Prosedur Pengurusan SBU Jasa Konstruksi
  • 021-7511922
  • +6285694922440
  • sales@izinin.id
#Sertifikasi

Syarat dan Prosedur Pengurusan SBU Jasa Konstruksi

  • 26 Mar 2024

Bekerjasama dengan jasa pengurusan SBU terpercaya dan berpengalaman sangat penting dilakukan. Hal ini karena badan usaha maupun perusahaan konstruksi baik nasional maupun PMA wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha ini.

prosedur pendirian pt

Dokumen SBU ini sendiri merupakan sebuah tanda bukti bahwa sebuah perusahaan maupun badan usaha telah terkualifikasi atas kompetensi serta kemampuan dalam berkegiatan usaha. Sebab itulah, bada usaha harus mengetahui cara kepengurusannya.

Jika Anda belum sepenuhnya memahami mengenai hal tersebut, maka layanan pada jasa pengurusan SBU akan membantu dalam setiap prosesnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan tim dengan pengalaman panjang mengenai hal tersebut.

Banyaknya penyedia jasa untuk mengurus dokumen penting ini sehingga Anda perlu melakukan pertimbangan dan mencari layanan terbaik. Dengan demikian, prosedur kepengurusan sertifikat dapat dilakukan dalam waktu lebih singkat dan lancar.


Syarat dan Prosedur Pengurusan SBU Jasa Konstruksi

Sebelum memilih jasa pengurusan SBU terbaik dan berpengalaman, ada baiknya untuk memahami persyaratan serta prosedurnya terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapat Sertifikat Badan Usaha.

  1. SKT dan SKA Tenaga Kerja

    SKT merupakan sertifikat keterampilan yang diterbitkan oleh LPJK dan diberikan kepada para tenaga kerja terampil dalam konstruksi. Untuk mendapatkannya maka perlu memenuhi persyaratan kompetensi terhadap keilmuan maupun keterampilan pada bidang tertentu.

    Sementara itu, SKA merupakan sertifikasi keahlian untuk tenaga ahli konstruksi yang memenuhi syarat kompetensi. Selain itu, SKA juga dapat digunakan oleh PT maupun badan usaha lain dengan bidang-bidang tertentu.

  2. Pendaftaran

    Jasa pengurusan SBU juga akan membantu dalam proses pendaftaran sebagai langkah selanjutnya bagi pemilik bisnis mendapat sertifikasi. Nantinya perusahaan juga bisa menjadi salah satu anggota asosiasi sesuai dengan kegiatan konstruksi yang dilakukan.

    Ada cukup banyak anggota asosiasi yang telah terakreditasi oleh LPJK atau Lembaga Pengawasan Jasa Konstruksi. Beberapa di antaranya seperti Gapensi, Askonas, Gapeksindo, dan masih banyak lagi lainnya.

  3. Proses SBUJK

    SBUJK merupakan sebuah bukti pengakuan formal untuk usaha jasa pelaksana konstruksi atau bisa disebut dengan kontraktor. Selain itu, sertifikasi ini juga diberikan kepada jasa perencana atau pengawas konstruksi, biasa disebut dengan konsultan.

    SBU sendiri merupakan salah satu dokumen yang menjadi persyaratan ketika akan mengajukan IUJK. Persyaratan ini diberikan kepada perusahaan penanaman modal maupun non-penanaman modal.

  4. Proses IUJK

    Terakhir adalah proses IUJK yang dapat dilakukan oleh badan usaha seperti Perseroan Terbatas, CV, Firma, maupun koperasi. Seperti penjelasan sebelumnya, izin usaha ini hanya bisa didapatkan jika telah memiliki SBU.

  5. Syarat SBU

    Pembuatan sertifikat badan usaha melalui jasa pengurusan SBU membutuhkan beberapa syarat dan dokumen tertentu. Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk pengajuan sertifikasi.

    • Akta Badan Usaha

    • SK Menteri Hukum dan HAM

    • Pengesahan Peradilan untuk CV

    • Salinan SKDU dan NPWP

    • Salinan KTP dan ijazah dari PJBU, tenaga teknis dan administrasi

    • 6 buah foto 3x4


Jasa Pengurusan SBU Jasa Konstruksi

Jasa pengurusan SBU menjadi sangat penting karena dokumen ini harus dimiliki oleh pelaku usaha terutama dalam bidang konstruksi. Sebuah perusahaan yang memiliki sertifikat ini akan mendapatkan cukup banyak manfaat selain sebagai syarat wajib jasa konstruksi.

Selain itu, adanya sertifikasi akan memberikan bukti kompetensi sebuah perusahaan ketika menjalankan proyek dengan kualifikasi maupun klasifikasinya. Anda juga bisa mengikuti proses prakualifikasi hingga proses tender dari pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Seperti dijelaskan sebelumnya, sertifikasi badan usaha juga menjadi syarat kelengkapan untuk IUJK. Selain itu, SBU juga merupakan kelengkapan joint operation dengan perusahaan konstruksi lain, juga syarat utama mendirikan usaha bidang migas dan pertambangan.

Salah satu jasa pengurusan SBU terpercaya adalah izin.id dengan banyak pengalaman dan membantu banyak pelaku bisnis dalam mendirikan badan usaha. Layanan legalitas kami tidak hanya membantu PT saja, namun juga perusahaan start serta UMKM.

Kami akan mempersiapkan segala dokumen legalitas dengan proses cepat dan praktis sebab dapat dikirim menggunakan jaringan online maupun dijemput. Selain itu, biaya yang kami tawarkan juga sangat bersahabat.

Bukan hanya layanan cepat, kami juga siap melayani selama 24 jam serta memberikan jasa konsultasi bersama tim hebat dan berpengalaman. Kami telah memberikan banyak kepuasan terhadap klien yang telah bekerjasama dengan izinin.id dalam mengurus kelegalan.

Sertifikat badan usaha harus dimiliki oleh setiap badan usaha jasa kontraktor sebab memberikan banyak keuntungan dan menjadi persyaratan untuk berbagai dokumen lain. oleh sebab itu, perlu jasa pengurusan SBU untuk membantu dalam proses pengajuannya.

Tags : #Sertifikasi
logo izinin.id
izinin.id

izinin.id merupakan layanan pengurusan legalitas usaha yang sudah berpengalaman dalam berbagai perizinan usaha dengan biaya terjangkau dan proses yang cepat.