Perizinan Sertifikat Standar Berdasarkan OSS RBA
  • 021-7511922
  • +6281315426006
  • sales@izinin.id
#Hukum
#OSS

Perizinan Sertifikat Standar Berdasarkan OSS RBA

  • 16 May 2024

Dalam mengurus perizinan usaha, layanan perizinan terpadu (OSS) yang diterbitkan oleh lembaga BKPM sangat diperlukan oleh para pemilik bisnis untuk mendapatkan NIB. NIB sebagai identitas dari pelaku usaha juga berguna dalam pengajuan izin usaha maupun operasional di setiap bidang.

prosedur pendirian pt

NIB juga berhubungan dengan perizinan berusaha berbasis resiko yang kini resmi ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Seperti umum diketahui, setiap kegiatan usaha pasti memiliki resiko berbeda sehingga dibedakan menjadi beberapa tingkat.




Jenis Perizinan Usaha Berdasar Resiko

Jika anda ingin mengurus perizinan berusaha melalui OSS ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai jenis perizinannya berdasarkan resiko. Karena setiap KBLI yang terdaftar di OSS memiliki kategori tingkat resiko yang berhubungan dengan perizinan berusaha (PB UMKU) yang perlu di selesaikan untuk memenuhi komitmen perizinan sebagai syarat mendapatkan mendapatkan sertifikat standar yang dikeluarkan OSS. Berikut adalah penjelasan mengenai tingkat resiko dalam menjalankan usaha.

  1. Rendah

    Pada tingkat ini, izin untuk melakukan kegiatan berusaha bisa didapatkan dengan cara yang cukup mudah. Anda hanya tinggal melakukan pendaftaran yang ada dalam sistem OSS RBA agar mendapatkan NIB sebagai bukti legalitas menjalankan kegiatan bisnis.

    Jika Anda masih masuk dalam UMK, maka Nomor Induk Berusaha ini digunakan untuk perizinan tunggal. Ketentuannya sendiri sudah ada dan memang telah mengacu pada aturan perundang-undangan.

  2. Menengah Rendah

    Pada tingkat resiko ini, jasa urus perizinan usaha akan mengurus Nomor Induk Berusaha serta Sertifikat standar. Sertifikat ini sendiri merupakan legalitas sebuah badan usaha ketika melaksanakan semua kegiatan bisnis.

    Di dalam sertifikasi tersebut terdapat akan berisi pernyataan dari pemilik bisnis untuk tetap mematuhi standar ketika melakukan semua kegiatan berbisnis. Nantinya sistem OSS RBA akan menerbitkan sertifikat berisi pernyataan mandiri tersebut.

    NIB serta sertifikasi tersebut merupakan legalitas ketika akan menjalankan bisnis, mulai persiapan, operasional, serta komersial berkegiatan. Akan terdapat pengawasan untuk memantau kepatuhan dari pemilik bisnis dalam memenuhi standar.

  3. Menengah Tinggi

    Persyaratan dalam proses yang akan dibantu oleh jasa urus perizinan usaha pada tingkatan ini sama seperti pada tingkatan sebelumnya. artinya perizinan akan diberikan melalui NIB serta sertifikat standar OSS.

    Sertifikasi akan terbit melalui sistem OSS RBA dengan adanya pernyataan mandiri pemilik bisnis dalam mematuhi kestandaran ketika melaksanakan kegiatan berbisnis. Meski demikian NIB maupun sertifikat hanya sebagai legalitas dalam persiapan memulai berbisnis.

    Pelaksanaan operasional maupun komersial dapat dilakukan jika Pemerintah Pusat atau Daerah telah memberikan verifikasi. Pemerintah sendiri dapat melakukan kerjasama dengan pihak yang terakreditasi

    Verifikasi akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan operasional dan aturannya wajib untuk dilaksanakan pemilik dalam berbisnis. Untuk melihat kepatuhan tersebut maka akan dilakukan pengawasan.

  4. Tinggi

    Pada tingkatan ini, jasa urus perizinan usaha akan membantu legalitas dengan menggunakan NIB serta izin. Dalam hal ini, izin merupakan persetujuan dari pemerintah ketika melakukan operasional maupun komersial dalam berusaha.

    Persetujuan ini tentu saja tidak begitu saja diberikan, sebab terdapat persyaratan tertentu. Selain itu, Pemerintah Pusat atau Daerah juga harus melakukan verifikasi pemenuhan standar dalam berkegiatan dan dapat dilakukan oleh pihak ketiga terakreditasi.


Selain itu, ada baiknya memilih layanan pengurusan legalitas dengan fasilitas konsultasi bersama tim yang telah berpengalaman. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui mengenai jenis-jenis resiko serta langkah tepat untuk mengajukan.

Umumnya setiap jasa perizinan usaha akan memberikan biaya berbeda tergantung dengan resiko dari bisnis yang dijalankan. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan layanan jasa agar proses lebih cepat namun tidak menguras pengeluaran.


Jasa Perizinan Usaha

Perlu diketahui bahwa tingkat resiko dari penjelasan di atas merupakan perkalian dari nilai bahaya dengan potensi bahaya terjadi. Hal tersebut akan sangat menentukan dalam pengurus perizinan sesuai tingkatannya.

Penetapan tingkatan menerapkan maximum risk dalam semua kriteria yang digunakan sehingga tidak ada resiko terabaikan dalam penetapannya. Analisis ini juga harus dilakukan secara transparan dan menggunakan prinsip kehati-hatian.

Agar proses perizinan tersebut lebih mudah dan lancar, maka Anda dapat melakukan kerjasama dengan layanan legalitas terpercaya dari izinin.id. Kami menawarkan biaya yang murah serta proses cepat dan mengutamakan kepuasan klien.

Kami juga bekerja hingga 24 jam tanpa henti serta bebas memberikan konsultasi bisnis dengan tim berpengalaman. Jasa perizinan usaha dari kami juga tidak hanya cepat dalam memproses perizinan, namun juga praktis serta komunikatif.

Melakukan kegiatan usaha selalu memiliki resiko meskipun dengan tingkat berbeda-beda sehingga perlu adanya legalitas agar terus patuh dalam memenuhi standar. Proses legalitas sendiri akan berjalan lebih lancar dengan menggunakan jasa perizinan usaha.

Tags : #Hukum #OSS
logo izinin.id
izinin.id

izinin.id merupakan layanan pengurusan legalitas usaha yang sudah berpengalaman dalam berbagai perizinan usaha dengan biaya terjangkau dan proses yang cepat.